Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Aplikasi Nex Parabola Untuk Akun Pelanggan dan Teknisi

Seiring dengan perkebangan zaman, kini kita bisa mendaftar Nex Parabola Lewat aplikasi android lho. Aplikasi Nex Parabola adalah aplikasi khusus dari Nex Parabola untuk pengguna android yang dapat  digunakan berbagai keperluan, seperti:

  1. Registrasi akun pelanggan, 
  2. Registrasi akun teknisi, 
  3. Registrasi atau aktivasi receiver baru
  4. Pembelian paket nex parabola
  5. Pengisian voucher e-wallet nex parabola
  6. Pencarian lokasi teknisi untuk akun pelanggan
  7. Aktivasi paket nex parabola dan matrix garuda
  8. Refresh receiver nex parabola dan matrix garuda, dan lain-lain

Cara Daftar Aplikasi Nex Parabola Untuk Akun Pelanggan dan Teknisi

Untuk dapat menggunakan aplikasi nex parabola, kita harus mengunduh dan mendaftar dahulu pada aplikasi tersebut. Bagi pengguna android, silahkan unduh (download) aplikasi nex parabola melalui playstore, dan jika setelah download, silahkan buka aplikasinya, seperti tampak pada gambar berikut ini:

Gbr.1. Hasil tangkapan layar tampilan awal aplikasi nex parabola
 
Untuk melakukan pendaftaran, silahkan pilih pada menu Buat Akun, dan tampilan berikutnya seperti tampak gambar berikut ini:


Gbr. 2. Pilihan jenis akun aplikasi Nex Parabola

Pada ganbar 2 di atas tampak ada beberapa pilihan jenis akun, yakni Master Dealer, Reseller, Toko, Teknisi dan akun pelanggan. Untuk pendaftaran master dealer dapat menghubungi nex parabola langsung. Pendaftaran akun reseller dapat menghubungi Master Dealer terdekat. Sedangkan untuk akun Toko, akun teknisi dan akun pelanggan dapat langsung dilakukan melalui aplikasi. Untuk pendaftaran akun reseller dan akun teknisi dibutuhkan KTP dan akan diminta mengirimkan foto Anda. Sedangkan akun pelanggan hanya dibutuhkan data diri saja. Namun untuk akun pelanggan tidak dapat melakukan pengisian saldo pada aplikasi dan apabila ingin melakukan pembelian paket, dapat memilih metode pembayaran selain potong saldo. Sedangkan untuk akun teknisi dan akun toko dapat melakukan pengisian saldo pada aplikasi serta dapat memilih metode pembayaran yang lain. Pada tutorial ini, saya memilih akun teknisi, dan tampilannya tampak seperti gambar berikut:




Gbr. 3. Tampilan formulir pengisian data pendaftaran akun teknisi

Pada gambar di atas, tampak beberapa data yang harus dimasukkan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Nomor HP. Siapkan nomor HP yang belum pernah terdaftar sebelumnya di aplikasi nex parabola, masukkan nomor pada kotak yang tersedia, tidak diawali dengan angka 0 (nol)
  2. Password. Buatlah password sesuai pilihan Anda, minimal 8 karakter. Password ini digunakan untuk log in ke aplikasi nex parabola jika sudah terdaftar
  3. Konfirmasi Password. Masukkan kembali password yang Anda buat
  4. Nama Lengkap. Masukkan nama lengkap sesuai KTP Anda.
  5. Alamat Lengkap. Masukkan alamat lengkap sesuai KTP Anda atau pilih menu Koordinat lokasi, agar alamat Anda akan terisi secara otomatis.
  6. Propinsi. Silahkan pilih Propinsi
  7. Kabupaten. Silahkan pilih Kabupaten
  8. Kecamatan. Silahkan pilih Kecamatan
  9. Kode Pos. Silahkan masukkan kode Pos sesuai kode pos pada alamat Anda
  10. Email. Silahkan masukkan email Anda yang masih aktif. Pada Email ini nanti akan masuk kode OTP, selain pada email, pada nomor HP akan masuk juga kode OTP yang berbeda.
  11. Jenis Kelamin. Silahkan centang pada salah satu pilihan jenis kelamin.

Selanjutnya silahkan Syarat dan Ketentuan dengan mengeklik pada Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi. Setelah dibaca dan disetujui, silahkan centang pada Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi, selanjutnya pilih pada ikon untuk memasukkan foto KTP dan dilanjutkan dengan memilih pada ikon Photo Selfie untuk melakukan proses foto diri anda (setengah badan). Periksa kembali data-data Anda, jika sudah dipastikan benar, silahkan pilih Menu LANJUT, pada aplikasi maka Anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut ini:

Gbr. 4. Tampilan konfirmasi untuk memasukkan kode OTP

Silahkan periksa email Anda, di dalam email tersebutn berisi kode OTP 6 digit lalu masukkan pada kotak yang pertama, setelah itu periksa lagi kode OTP yang masuk dalam handphone Anda yang dikirim oleh Nex Parabola dan masukkan pada kotak isian yang kedua pada gambar di atas, jika telah dimasukkan, pilih menu LANJUT, tunggu beberapa saat hingga proses pendaftaran berhasil. Jika pendaftaran berhasil, maka laporannya seperti tampak pada gambar berikut ini:


Gbr. 5. Tampilan konfirmasi pendaftaran akun berhasil


Pada tahap ini, pendaftaran berhasil dan selesai. Selanjutnya Anda dapat masuk (log in) ke aplikasi dengan menggunakan nomor handphone dan password yang telah Anda buat.