Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Transaksi Dasar, Cek Saldo dan Transfer di Agen BRILink

Dalam artikel sebelumnya,penulis membahas mengenai Transaksi Penting di Agen BRILink yang Per Diketahui, untuk beberapa transaksi dasar, belum kami bahas pada artikel sebelumnya.

Pada dasarnya transaksi-transaksi dasar telah diketahui, namun dalam melakukan transaksi-transaksi tersebut, ada beberapa masalah yang terjadi, baik cek saldo, transfer, bayar pinjaman, isi pulsa, pembayaran listrik, token listrik dan lain sebagainya. Adapun beberapa transaksi dasar di Agen BRILink di antaranya sebagai berikut:

Mengenal Transaksi Dasar, Cek Saldo dan Transfer di Agen BRILink

1. Cek Saldo ATM BRI

Untuk BRILink EDC

Mini ATM - Informasi - Info Saldo - masukkan PIN ATM.

Dalam beberapa saat saldo rekening Anda akan tampil di layar EDC. Setelah tampil, informasi saldo tersebut dapat di cetak dengan menekan tombol cetak/print.

Dalam melakukan jika saldo tidak tampil, ada beberapa masalah yang muncul di antaranya:

  • Card Expire: ATM sudah kadaluarsa, lakukan penggantian ATM di Unit atau Cabang BRI terdekat.
  • Kode Telp Salah: Masih terjadi gangguan di sistem jaringan EDC, solusinya tunggu beberapa saat biasanya tidak lama jaringan akan normal kembali.
  • Time Out: Jaringan sedang tidak stabil, tunggu beberapa saat atau lakukan  LOG ON di EDC pada menu LOG ON, pastikan LOG ON sukses. Lakukan cek saldo kembali, jika masih Time Out, tunggulah beberapa saat dan ulangi lagi transaksi.

Untuk BRILink Mobile

Sebelum melakukan cek saldo, pastikan Anda sudah menggunakan BRILink Mobile versi terbaru dan ATM yang akan dicek saldonya memiliki fasilitas BRI Mobile, SMS Notifikasi atau Internet Banking BRI. Untuk melakukan cek saldo ATM BRI di BRILink Mobile, masuk di menu: INFO SALDO, dalam beberapa akan muncul kotak isian, NOMOR KARTU ATM PEMILIK. Masukkan nomor Kartu ATM Pemilik, dan jika terdapat kotak isian TANGGAL KADALUARSA KARTU, isikan Bulan dan Tahun Kadaluarsa yang tertulis di bawah Nomor Kartu ATM, lalu tekan tombol KIRIM. Dalam  beberapa saat  akan muncul halaman Info Saldo dengan memilih Nomor Handphone.

Pilih nomor handphone yang masih aktif pada salah satu layanan SMS/Mobile Banking, SMS Notifikasi atau internet banking, lalu tekan TOMBOL OTP, dan beberapa kode OTP akan masuk di nomor hp pemilik ATM, masukkan kode OTP tersebut lalu tekan tombol KIRIM Setelah itu masukkan Password BRILink Mobile Anda, lalu tekan tombol BAYAR, dalam beberapa saat sisa saldo akan tampil.

2. Cek Saldo Bank Lain

Untuk cek saldo ATM Bank lain saat ini hanya tersedia untuk BRILink EDC. ATM yang dapat digunakan adalah anggota jaringan Himpunan Bank Negara (HIMBARA), ATM Bersama dan ATM Prima. Cara cek saldo ATM Bank lain hampir sama dengan cek saldo ATM BRI.

Cara cek saldo ATM Bank lain;
Mini ATM - Informasi - Saldo Bank Lain - Pilih jenis tabungan atau giro- laku masukkan PIN ATM.

Permasalahan yang timbul biasanya hampir sama dengan cek saldo ATM BRI. Masalah lain yang biasa muncul adalah kartu ATM Invalid. Untuk kasus ini pastikan bahwa ATM Anda tertera logo ATM Link, ATM Bersama atau ATM PRIMA. Jika sudah masih tetap invalid, gantilah ATM Anda dengan ATM yang berlogo GPN di Unit atau Cabang penerbit ATM Anda.

3. Transfer Sesama BRI

BRILink EDC

Transaksi ini pada umumnya telah diketahui oleh Agen BRILink, yakni:

Mini ATM - Transfer - Transfer Sesama BRI - Masukkan nomor rekening tujuan- masukkan Nominal Transfer - PIN

Catatan:
  • Minimal transfer adalah Rp 10.000 
  •  Maksimum transfer adalah Rp 20.000.000,-/hari untuk ATM Standar, Rp 50.000.000/hari untuk ATM gold, Rp 75.000.000/hari untuk ATM Platinum. 
  •  Untuk rekening giro maksimum transfer bisa lebih besar lagi.

BRILink Mobile

buka menu Transfer Sesama BRI, masukkan Nomor Kartu ATM Pengirim - Masukkan bulan/tahun kadaluarsa ATM - masukkan nominal transfer, laku tekan tombol kirim.


Saat memasukkan nomor ATM, kadang-kadang diminta memasukkan tanggal kadaluarsa ATM (Bulan/tahun kadaluarsa). 

Setelah menekan tombol kirim, akan muncul pilihan nomor HP yang terdaftar pada layanan e-banking BRI, pilih nomor HP yang terdaftar. Seperti tampak pada gambar berikut:



Pilih nomor HP, lalu tekan pada menu KIRIM OTP, dan akan muncul seperti gambar berikut:


OTP akan terkirim di nomor HP yang terdaftar. Contoh OTP seperti gambar berikut:


Sebelum memasukkan OTP, pastikan Server ID yang Anda terima, sama dengan server ID yang tampil pada aplikasi BRILink Mobile. Jika sudah sama, masukkan OTP pada kotak kode OTP, laku tekan KIRIM, maka akan tampak seperti gambar berikut:


Masukkan password BRILink Mobile Anda, lalu tekan menu BAYAR. Jika transaksi berhasil, maka akan tampak pada layar transaksi berhasil.

4. Transfer Antar Bank

Pada dasarnya transfer hampir sama dengan transfer sesama BRI, yang membedakan adalah pada saat transaksi pilih menu TRANSFER ANTAR BANK. Selain itu ada pilihan jenis tabungan atau giro, juga saat proses transaksi, ada permintaan nomor referensi. Nomor referensi dapat diisi angka sembarang misalnya 000000000 atau 123456789 dan atau angka lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah limit transaksi dan limit ATM untuk transaksi antar bank. Selain itu maksimal per transaksi maksimum adalah Rp 5.000.000,-. Jika misalnya transaksi Rp 7.000.000, berarti harus 2 kali transaksi yakni Rp 5.000.000 dan Rp 2.000.000,-. Jika limit ATM sudah habis, maka Anda harus menggunakan ATM Anda yang lain atau ulangi esok harinya. Olehnya itu sebaiknya Agen BRILink memiliki lebih dari 1 ATM dan minimal ATM jenis gold agar leluasa dalam bertransaksi. Limit ini juga berlaku untuk BRILink Mobile.

5. Setoran Simpanan

Setoran simpanan pada dasarnya hampir sama dengan transfer sesama BRI. Hanya saja limit setoran simpanan sangat tinggali. Jadi jika limit transfer sesama BRI habis Anda dapat menggunakan setoran simpanan. Akan tetap menggunakan setoran simpanan, nama pemilik rekening pengirim tidak akan terbaca di rekening penerima, namun nomor rekening pengirim akan terbaca.

Catatan:
Jika saat proses transaksi muncul pesan CRYSTOGRAPHIC EROR, berarti EDC gagal log on, Anda harus log on kembali, cari menu LOG ON di EDC, lalu pilih LOG ON, pastikan muncul pesan LOG SUCCESS, jika tidak lakukan log on kembali hingga sukses.

Demikian informasi mengenai Transaksi Dasar, Cek Saldo dan Transfer di Agen BRILink yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.