Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar Nex Parabola di BRILink dan BRIMO

Nex parabola adalah satu penyedia siaran TV Prabayar melalui satelit yang merupakan receiver Piala Dunia Qatar 2022. Siaran Nex parabola terdiri atas siaran gratis dan siaran premium. Siaran gratis dapat disaksikan tanpa perlu berlangganan, sedangkan siaran premium hanya dapat disaksikan 1 (satu) bulan jika membeli receiver baru. Untuk melanjutkan paket premium, kita bisa membeli paket siaran nex parabola terdiri atas beberapa paket (paket Nex Parabola akan dibahas dalam artkikel lainnya). Pembelian atau pembayaran paket nex parabola dapat dilakukan di alfamart, toko elektronik, reseler dan dealer resmi nex parabola, aplikasi DANA, Gojek, Agen BRILink, aplikasi BRIMO dan lain-lain. Pada tutorial kali ini saya akan membahas cara beli paket nex parabola di BRILink dan BRIMO. 

Pembelian atau pembayaran paket Nex Parabola di BRILink dan BRIMO dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Nex Parabola dahulu yang dapat di download di playstore untuk pengguna android, setelah lakukan pendaftaran dengan memilih akun pelanggan (cara daftar lihat artikel sebelumnya). Jika telah terdaftar, silahkan bukan aplikasi Nex Parabola Anda, maka tampilannya kira-kira seperti gambar berikut ini:

Gbr. 1. Tampilan awal aplikasi Nex Parabola

Dari gambar di atas, silahkan pilih menu Bayar Paket,  maka nanti akan muncul 2 (dua) pilihan yaitu Nex Parabola dan Nex Vidio, silahkan pilih Nex Parabola dan akan tampil halaman seperti gambar berikut ini:


Gbr. 2. Tampilan halaman untuk memasukkan SMC ID

Silahkan masukkan Nomor SMC ID (Smart Card ID) pada kolom yang tersedia. Nomor SMC ID dapat dilihat di belakang receiver Nex Parabola, di Dus receiver atau menekan tombol CAS atau warna hijau di remot receiver, nomor SMC ID nanti akan tampil di layar televisi Anda. Setelah memasukan nomor SMC ID, selanjutnya pilih menu PROSES, maka nanti akan ditampilkan daftar paket Nex Parabola yang tersedia seperti tampak pada gambar berikut ini:

 

Gbr. 3. Tampilan daftar paket pada aplikasi Nex Parabola

Gambar 3 di atas adalah tampilan daftar paket Nex Parabola yang tersedia. Anda dapat melihat daftar siaran dengan memilih menu Lihat Detail, sebelum melanjutkan pembelian paket. Pada artikel ini, penulis memilih paket Champion. Jika sudah memilih paket, selanjutnya pilih menu PROSES, maka akan diarahkan ke halaman berikut ini:

Gbr. 4. Halaman konfirmasi paket

Selanjutnya pilih menu Pilih Pembayaran, maka akan diarahkan ke halaman pilihan pembayaran seperti gambar berikut ini:
Gbr. 5. Pilihan pembayaran paket Nex Parabola

Dari gambar 5 di atas, terdapat beberapa pilihan pembayaran paket Nex parabola yaitu:
  • DANA
  • OVO
  • LinkAja Telkomsel
  • ShopeePay
  • Virtual Account Bank Permata
  • Virtual Account Bank Mandiri
  • Virtual Account Bank BNI
  • Virtual Account Bank BRI
  • Virtual Account Bank BCA
  • Kartu Kredit berlogo Visa atau Master
  • Voucher fisik

Pada tutorial ini penulis memilih Virtual account BRI dimana dengan memilih pembayaran ini kita bisa melalukan pembayaran di ATM BRI, internet Banking BRI, aplikasi BRIMO maupun agen BRILink. Silahkan pilih Virtual Account BRI, lalu pilih menu PEMBAYARAN, maka akan tampil halaman seperti gambar berikut ini:

Gbr. 6. Virtual Account Pembayaran Paket Nex Parabola

Pada gambar 6 di atas adalah virtual account yang dihasilkan setelah memilih pembayaran pada aplikasi Nex Parabola. Jika Anda melakukan pembayaran melalui Agen BRILink, sampaikan bahwa Anda akan membayaran BRIVA dan tunjukkan kode BRIVA pada aplikasi Nex Parabola. Sedangkan untuk pembayaran melalui aplikasi BRIMO, silahkan login ke aplikasi BRIMO Anda, lalu cari menu LAINNYA > TAGIHAN > BRIVA, lalu masukkan virtual account yang ada pada aplikasi nex parabola, lalu silahkan lanjutkan hingga pembayaran berhasil.

Catatan:

  • Pastikan receiver Anda menerima sinyal dengan baik
  • Pada saat melakukan pembayaran, nyalakan receiver pada saluran (channel) yang dilakukan pembayaran. Misalnya jika membeli paket Champion, nyalakan receiver dan standby pada siaran Champion TV1 agar paket langsung aktif
  • Jika pada saat melakukan pembayaran receiver tidak dinyalakan, tunggu antara 5 sampai 10 menit hingga siaran masuk/aktif.